Senin, 09 Januari 2012

Pengembangan Bisnis dalam Badan Usaha


Pengembangan Bisnis dalam Badan Usaha
Dalam berbisnis kita tidak mungkin hanya stuck di titik tertentu. Kita harus mengembangkan bisnis kita. Salah satu cara kita dalam menenbangkan bisnis adalah menentukan badan usaha apa yang cocok dengan bisnis kita.  Untuk usaha fashion dengan system kredit ini saya lebih memilih untuk mengembangkan usaha dengan system perseorangan.  Karena usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, tidak memerlukan karyawan yang banyak.  Hanya dibutuhkan promosi promosi menarik dalam menarik minat konsumen.  Misalnya kita dapat meminta bantuan orang orang terdekat dalam mempromosikan usaha kita dengan adanya promosi yang baik kita akan dapat mengembangkan usaha bisnis kita. Kita juga harus mempunyai inovasi misalnya kita kembangkan usaha pengkreditan dalam bidang  fashion tetapi bisa juga dalam property dan sebagainya.
Ada beberapa hal tentang perusahaan perseorangan yang sesuai dengan usaha yang saya canangkan.
Tapi, melihat kesamaanpun tidaklah cukup, kita harus mengetahui resiko apa yang akan kita terima bila memutuskan membentuk suatu badan usaha.
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari perusahaan perseorangan.
Kelebihan perusahaan perseorangan adalah :
  1. Seluruh laba menjadi miliknya. Bentuk perusahaan perseorangan memungkinkan pemilik menerima 100% laba yang dihasilkan perusahaan.
  2. Kepuasan Pribadi. Prinsip satu pimpinan merupakan alasan yang baik untuk mengambil keputusan.
  3. Kebebasan dan Fleksibilitas. Pemilik perusahaan perseorangan tidak perlu berkonsultasi dengan orang lain dalam mengambil keputusan.
  4. Sifat Kerahasiaan. Tidak perlu dibuat laporan keuangan atau informasi yang berhubungan dengan masalah keuangan perusahaan. Dengan demikian masalah tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh pesaing.
  5. Mudah dibentuk dan dibubarkan
  6. Bekerja dengan sederhana
  7. Pengelolaannya sederhana
  8. Tidak perlu kebijaksanaan pembagian laba
  9. Biaya organisasi rendah.
  10. Seluruh keuntungan yang diperoleh menjadi hak pemilik.

Sedangkan kelemahan perusahaan perseorangan adalah :
  1. Tanggung jawab pemilik tidak terbatas. Artinya seluruh kekayaan pribadinya termasuk sebagai jaminan terhadap seluruh utang perusahaan.
  2. Sumber keuangan terbatas. Karena pemiliknya hanya satu orang, maka usaha-usaha yang dilakukan untuk memperoleh sumber dana hanya bergantung pada kemampuannya.
  3. Kesulitan dalam manajemen. Semua kegiatan seperti pembelian, penjualan, pembelanjaan, pengaturan karyawan dan sebagainya dipegang oleh seorang pimpinan. Ini lebih sulit apabila manajemen dipegang oleh beberapa orang.
  4. Kelangsungan usaha kurang terjamin. Kematian pimpinan atau pemilik, bangkrut, atau sebab-sebab lain dapat menyebabkan usaha ini berhenti kegiatannya.
  5. Kemampuan menejemen terbatas
  6. Sulit mengikuti pesatnya perkembangan perusahaan
  7. Sumber dana hanya terbatas pada pemilik
Dan menurut saya usaha bisnis fashion dengan system kredit lebih cocok dengan menggunakan badan usaha perseorangan.
Sumber:



Lingkungan Bisnis

Lingkungan Bisnis
Dalam usaha fashion dengan system kredit yang saya tulis dalam topic membaca peluang pasar, usaha ini mempunyai lingkungan bisnis yang tidak bisa kita lupakan dan menjadi salah satu sentral dalam berbisnis. Bagaimana kita menghadapi persaingan bisnis disekitar kita. Banyak kita temui usaha yang sama dalam bidang fashion tetapi dalam usaha bisnis fashion ini kita harus mempunyai berbagai stategi untuk menarik minat konsumen. Salah satunya adalah system kredit. Kita dapat menerapkan system ini dan system ini mempunyai daya tarik tersendiri dalam dunia perbisnisan. Kita dapat menerapkan misalnya periode pembayaran bisa dua kali dalam dua bulan. Jika kita ingin mengembangkan usaha kita dapat melakukan promosi dengan membuat semacam catalog agar tidak hanya orang orang sekitar yang mengetahui tetapi juga bias dari tempat tempat lain atau dapat juga melalui media online. Target pasar kita bias para remaja dan terutama para ibu ibu yang memang membutuhkan system yang sedikit meringankan mereka ditengah krisis keuangan yang mereka hadapi. Tidak hanya mereka yang mengalami krisis keuangan tetapi para menengah keatas juga bisa menjadi target pasar kita karena hal ini memudahkan bagi setiap kalangan terutama mereka yang membeli dalam jumlah banyak. Usaha ini juga tidak mengharuskan kita mempunyai sebuah toko kita dapat membuat usaha kecil kecilan di dalam rumah sendiri. Bisnis ini sudah terbukti mempunyai kemampuan dalam menarik konsumen.