Segmentasi Pasar dan Analisis
Demografis
Pasar
mempunyai arti yang luas tapi pasar biasa disebut sebagi tempat bertemunya
antara penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi. Untuk memudahkan
sistem pemasaran dapat kita dapat melakukan Segmentasi Pasar.
Segmentasi
Pasar adalah kegiatan membagi bagi pasar dari pasar yang bersifat heterogen
menjadi pasara yang bersifat homogen (Swastha & Handoko (1997)). Sedangkan menurut Pride
& Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar
adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial
dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku
pembeli.
Mengapa kita perlu melakukan segmentasi pasar (market
segmentation) ?
Kita dapat mengetahui karakteristik
dari suatu pasar secara lebih mendetail. Program pemasaran dapat lebih diarahkan sesuai dengan perilaku dan kebutuhan pelanggan.
Kapasitas pasar dapat lebih sesuai dengan luas segmen yang terbentuk.
Dapat mengetahui sistem promosi apa yang sesuai dengan segmen pasar.
Dapat mengetahui potensi pasar.
Jika kita melakukan segmentasi pasar adakah kerugian yang
akan didapat? Tentu ada, terutama dalam hal biaya karena kita akan membutuhkan
dana yang lebih besar untuk melakukan penelitian, promosi dan sebagainya.
Langkah langkah segmentasi pasar yaitu:
- Identifikasi dasar dasar segmentasi pasar
- Mengembangkan profil setiap segmen
- Mengembangkan metode penilaian atas daya tarik segmen
- Memilih segmen yang akan dimasuki
- Merumuskan penempatan produk pada masing masing segmen yang dipilih sebagai sasaran.
- Mengembangkan bauran pemasaran bagi masing masing segmen yang dipilih sebagai sasaran.
Ada hal yang
juga harus diperhatikan yaitu Penempatan
produk. Penempatan produk adalah
merancang atribut atribut fungsional dan non fungsional (fisik maupun
persepsi) yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan pandangan relatif konsumen
dan berbeda terhadap produk pesaing. Ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan agar segmentasi pasar dapat efektif yaitu :
- Dapat dijangkau (accessable)
Ada beberapa hal yang menghambat pelayanan dalam suatu segmen misalnya saja masalah letak, transportasi, jarak dan sebagainya. Itulah yang perlu diperhatikan agar pelayanan dapat berjalan dengan baik. - Dapat diukur (measureable)
Kriteria dasar pengukuran pasar perlu dinyatakan secara jelas dan nyata agar mudah mudah untuk dipahami jika adanya suatu perbedaan. - Memberikan keuntungan (profitable)
Tidak semua segmen memberikan keuntungan hanya segmen segmen yang memberikan peluang untuk keuntungan rancangan tersebut bermanfaat.
Segmen Pasar
dapat dibagi dalam beberapa kelompok:
- Segmentasi
berdasarkan Demografi
Yaitu segmentasi yang didasarkan pada siapa sasaran dari produk berdasarkan jenis kelamin, umur, remaja ataukah dewasa, status perkawinan, pendapatan, pendidikan dan sebagainya. - Segmentasi
berdasarkan Geografi
Segmentasi yang didasarkan atau dibedakan menurut batas wilayah, Negara, kondisi lingkungan, cuaca dan sebagainya. - Segmentasi
berdasarkan Psikografis
Segmentasi yang didasarkan pada sikap, motivasi, dan persepsi konsumen. - Segmentasi
berdasarkan Kebiasaan
Segmentasi yang didasarkan pada kebiasaan dari konsumen dalam membeli, mengkonsumsi dan sebagainya.
Analisis
Demografi dapat dilihat misalnya ada kasus kita ingin menjual suatu produk maka
kita harus menargetkan secara jeli dan cermat agar produk kita dapat diterima
oleh masyarakat sehingga produk ini mempunyai umur yang panjang dan dapat
menghasilkan keuntungan lebih banyak. Kita ambil contoh dari pria dan wanita
cenderung wanita yang bersifat irasional karena terkadang mereka membeli
sesuatu bukan karena faktor kebutuhan. Hal ini dapat digunakan dalam segmentasi
pasar jika produk yang ingin kita pasarkan adalah sesuatu yang sebenarnya belum
terlalu menjadi kebutuhan atau melakuan promo dengan discount kita dapat
menargetkan sasaran kepada para wanita. Mengidentifikasi pasar secara demografi
bisa dikatakan lebih mudah dari pada yang lain karena kita dapat langsung
menentukan produk apa yang akan kita pasarkan selain itu juga keefektifan serta
keefisienannya lebih terlihat dari pada segmen segmen yang lain
Sumber :
Dasar
Pemasaran seri diktat Universitas Gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar