Senin, 28 November 2011

Eksistensi Indonesia Dimata Dunia


Indonesia semakin menunjukan eksistensinya.  Setelah menjadi juara umum pada penyelenggaraan SEA GAMES ke 26, tepat tanggal 24 november 2011 Indonesia dapat bernafas lega karena Tari Saman yang merupakan tari khas dari provinsi Aceh resmi menjadi Daftar Warisan Tak Benda UNESCO. Setelah sebelumnya mengajukan berkas pada Maret 2010 yang dilakukuan oleh Menko Kersa  dan kini usaha tersebut  tidak sia-sia. Bertempat di pulau Bali palu sidang ke 6  Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO resmi diketok dan meresmikan Tari Saman menjadi salah satu warisan budaya tak benda.
Tidak mudah untuk menjadikan tari Saman dapat diakui. Ada beberapa syarat  menjadi warisan budaya tak benda yaitu
·         Aspek orisinalitas
·         Keunikan
·         Mempunyai nilai nilai yang diterima dunia
·         Mempunyai masyarakat dan memiliki program kedepan

Indonesia dinilai memenuhi syarat-syarat tersebut.  Tapi, ini bukanlah suatu akhir melainkan awal perjuangan untuk terus melestarikan budaya Indonesia. Dengan diresmikannya tari Saman sebagai warisan budaya tak benda berarti menyusul  Wayang, Keris, Angklung, dan Batik yang sebelumnya telah lebih dulu diresmikan oleh UNESCO sebagai  Warisan Budaya  Tak Benda.  Selanjutnya, tahun depan Indonesia  akan berencana untuk mengusulkan kembali tiga budaya khas Indonesia yaitu Tari Bali, kerajinan tangan Noken dari Papua  dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai penciptaan ruang budaya untuk perlindungan, pengembangan, dan pendidikan warisan budaya.
Sebelumnya juga ada Komodo yang menjadi kandidat Tujuh Keajaiban Dunia yang baru atau New Sever Wonder bersaing dengan ratusan kandidat lainnya. Setelah melalui penyisihan  dan polling sms KOMODO disebut sebut masuk kedalam tujuh keajaiban dunia sementara. Semoga Indonesia dengan komodonya dapat benar benar menjadi Tujuh keajaiban dunia menggantikan  Candi Borobudur yang sebelumnya juga menjadi Tujuh Keajaiban Dunia.  Agar Indonesia semakin dikenal,tidak hanya pulau Dewata tapi masih banyak Pulau dan tempat tempat indah lainnya yang dimiliki Indonesia. Semoga pemeritah semakin gencar untuk mempromosikan Indonesia di berbagai Negara di dunia.
Sumber : Indopos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar