Pengaruh Kelas Sosial
dan Status Sosial Terhadap Pembelian dan Konsumsi.
Perkembangan
zaman ternyata juga mempengaruhi dalam pola kehidupan dan interaksi sosial kita.
Termasuk pengaruh kelas sosial dan status sosial terhadap pembelian dan
konsumsi.
Kelas Sosial
Kelas sosial sendiri
adalah pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu hierarki status kelas yang
berbeda sehingga para anggota setiap kelas secara relatif mempunyai status yang
sama, dan para anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau
lebih rendah.
Status Sosial
Lalu apakah
itu status sosial? Menurut Ralph Linton Status sosial adalah sekumpulan hak dan
kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya. Pada zaman dulu memang
kelas sosial atau yang lebih dikenal dengan kasta sudah ada, contohnya seperti
·
Brahmana
(pendeta)
·
Kesatria
(prajurit dan pemerintah)
·
Waisya
(Pedagang)
·
Sudra
(Pelayan)
FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PENENTUAN KELAS SOSIAL
Menurut Engel, Blackwell dan miniard (1995) mengemukakan pendapat Gilbert dan Kahl
yang menyebutkan bahwa ada sembilan variabel yang menentukan status atau kelas
sosial seseorang, kesembilan variabel tersebut digolongkan ke dalam tiga
kategori, yaitu sebagai berikut :
·
Variabel Ekonomi
a) Status pekerjaan
b) Pendapatan
c) Harta benda
·
Variabel Interaksi
a) Prestis individu
b) Asosiasi
c) Sosialisasi
·
Variabel Politik
a) Kekuasaan
b) Kesadaran kelas
c) Mobilitas
Kelas sosial
dan status sosial ada yang memang sudah terbentuk ada juga yang memang karena
faktor lingkungan. Lantas apakah pengaruh kelas sosial dan status sosial
terhadap pembelian dan konsumsi? Tak dapat dipungkiri jika kelas sosial dan
status juga mempengaruhi dalam hal pembelian dan konsumsi. Kita ambil contoh
misalnya orang yang dapat dikatakan mempunyai status sosial yang tinggi di
lingkungannya, mereka akan cenderung membeli barang barang yang mahal. Lokasi
pembelian pun akan lebih selektif misalnya ditempat tempat mewah. Karena
sebagian dari mereka cenderung berfikir apa yang mereka konsumsi dan mereka
beli merupakan cerminan kehidupan mereka.
Kita
bandingkan dengan mereka yang mempunyai status sosial yang rendah dilingkungan.
Mereka akan cenderung membeli dan mengkonsumsi sesuai dengan kondisi mereka
tanpa harus memikirkan apakah yang mereka beli merupakan merek ternama atau
bukan. Kelas sosial dan status sosial juga dijadikan sebagai bagian dari pangsa
pasar. Beberapa produk memang mencari pangsa pasar atau segmentasi pasar sesuai
dengan kelas sosial karena barang yang mereka jual juga tergantung dari
kemampuan konsumen untuk membayar
.
Sumber:
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/197802082006042-ANASTASIA_WULANDARI/Sesi_3_FAKTOR-FAKTOR_YG_MEMPENGARUHI_PERILAKU_MEMBELI.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar