Jumat, 09 November 2012

Pengaruh Kelas Sosial dan Status Sosial terhadap Pembelian dan Konsumsi


Pengaruh Kelas Sosial dan Status Sosial Terhadap Pembelian dan Konsumsi.

Perkembangan zaman ternyata juga mempengaruhi dalam pola kehidupan dan interaksi sosial kita. Termasuk pengaruh kelas sosial dan status sosial terhadap pembelian dan konsumsi.
Kelas Sosial
Kelas sosial sendiri adalah pembagian anggota masyarakat ke dalam suatu hierarki status kelas yang berbeda sehingga para anggota setiap kelas secara relatif mempunyai status yang sama, dan para anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau lebih rendah.
Status Sosial
Lalu apakah itu status sosial? Menurut Ralph Linton Status sosial adalah sekumpulan hak dan kewajian yang dimiliki seseorang dalam masyarakatnya. Pada zaman dulu memang kelas sosial atau yang lebih dikenal dengan kasta sudah ada, contohnya seperti
·         Brahmana (pendeta)
·         Kesatria (prajurit dan pemerintah)
·         Waisya (Pedagang)
·         Sudra (Pelayan)

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENENTUAN KELAS SOSIAL
Menurut Engel, Blackwell dan miniard (1995) mengemukakan pendapat Gilbert dan Kahl yang menyebutkan bahwa ada sembilan variabel yang menentukan status atau kelas sosial seseorang, kesembilan variabel tersebut digolongkan ke dalam tiga kategori, yaitu sebagai berikut :

·         Variabel Ekonomi
a)    Status pekerjaan
b)    Pendapatan
c)    Harta benda
·         Variabel Interaksi
a)    Prestis individu
b)    Asosiasi
c)    Sosialisasi
·         Variabel Politik
a)    Kekuasaan
b)    Kesadaran kelas
c)    Mobilitas
Kelas sosial dan status sosial ada yang memang sudah terbentuk ada juga yang memang karena faktor lingkungan. Lantas apakah pengaruh kelas sosial dan status sosial terhadap pembelian dan konsumsi? Tak dapat dipungkiri jika kelas sosial dan status juga mempengaruhi dalam hal pembelian dan konsumsi. Kita ambil contoh misalnya orang yang dapat dikatakan mempunyai status sosial yang tinggi di lingkungannya, mereka akan cenderung membeli barang barang yang mahal. Lokasi pembelian pun akan lebih selektif misalnya ditempat tempat mewah. Karena sebagian dari mereka cenderung berfikir apa yang mereka konsumsi dan mereka beli merupakan cerminan kehidupan mereka.

 
    









Kita bandingkan dengan mereka yang mempunyai status sosial yang rendah dilingkungan. Mereka akan cenderung membeli dan mengkonsumsi sesuai dengan kondisi mereka tanpa harus memikirkan apakah yang mereka beli merupakan merek ternama atau bukan. Kelas sosial dan status sosial juga dijadikan sebagai bagian dari pangsa pasar. Beberapa produk memang mencari pangsa pasar atau segmentasi pasar sesuai dengan kelas sosial karena barang yang mereka jual juga tergantung dari kemampuan konsumen untuk membayar




.





Sumber:
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/197802082006042-ANASTASIA_WULANDARI/Sesi_3_FAKTOR-FAKTOR_YG_MEMPENGARUHI_PERILAKU_MEMBELI.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar