Jumat, 09 November 2012

Bisnis Mutiara sebagai pelengkap kecantikan wanita.


Bisnis Mutiara sebagai pelengkap kecantikan wanita.

Wanita memang tidak terlepas dari yang namanya kecantikan. Mulai dari alat make up, baju, sepatu hingga aksesoris. Wanita dapat dikatakan cenderung lebih konsumtif dibanding pria. Itu semua karena rata rata wanita sangat peduli terhadap penampilannya. Satu aksesoris yang sebenarnya sudah cukup lama ada tetapi baru mulai digaungkan lagi beberapa waku belakangan yaitu aksesoris dari mutiara. Mutiara sendiri berasal dari kerang. Prosesnya yang begitu lama mengajarkan kita untuk lebih menghargai bagaimana suatu proses dapat terjadi hingga akhirnya menciptakan suatu keindahan. Sekilas kita akan mengetahui proses terjadinya mutiara

Mutiara, sebenarnya terjadi dari sebutir pasir yang memasuki tubuh seekor tiram atau kerang di dasar lautan. Karena pasir itu menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, kerang itu berusaha mengusirnya. Ia menggunakan getah di perutnya untuk membalut pasir yang melukainya. Proses itu bisa berlangsung bertahun-tahun sampai akhirnya terbentuklah sebuah mutiara yang cantik dan berharga!

Nah, jika sebutir pasir masuk ke dalam tubuh tiram, mantel (salah satu organ tiram) akan mulai melapisi pasir itu dengan "nacre" pelindung ke sekelilingnya. Jika pasir tersebut dapat dilapisi secara menyeluruh oleh mantel, terbentuklah mutiara yang indah.

Bentuk mutiara
Mutiara memiliki bentuk beragam. Ada yang bulat, bulat telur, sampai menyerupai kancing baju.
Bentuk lainnya yang tampak unik adalah mutiara yang berbentuk air mata, baroque, gotri, tiga perempat, mutiara biji, mutiara debu, dan mutiara blister.
Baroque adalah sebutan untuk seluruh mutiara yang bentuknya tidak biasa.
Gotri bentuknya hampir sama dengan baroque, bedanya kilauannya hanya sedikit.
Bentuk tiga perempat yaitu tiga-perempat bulan dengan satu bidang datar.
Mutiara biji bentuknya tidak simetris dan sangat kecil.
Mutiara debu terlalu kecil untuk digunakan sebagai batu permata.
Mutiara blister adalah bentuk mutiara yang menempel di cangkang.

Warna mutiara
Mutiara kaya akan warna. Meski demikian, pada dasarnya warna mutiara terbagi atas tiga jenis, yaitu putih, hitam, dan berwarna. Yang termasuk warna putih adalah krem, merah muda, dan kuning merah.
Sedangkan yang berwarna, antara lain mutiara-mutiara yang berwarna merah, kuning, pelangi, violet, biru abu-abu dan perak, biru tua, hijau biru, dan hijau dengan kilau metalik.

Kepada mutiara yang memiliki warna "Three in One", yaitu paduan warna krem, merah bunga mawar dan biru atau hijau, ia akan diberi julukan... Mutiara yang Terindah !!

Pernah dalam suatu acara disebutkan bahwa hidup itu pilihan sama halnya dengan kerang pilih hidup tanpa sakit tapi jadinya hanya menjadi kerang biasa yang untuk dimakan atau menjadi kerang yang harus kemasukan debu dan menahan sakit tapi akhirnya akan menghasilkan sesuatu yang indah dan mempunyai nilai jual tinggi. Itulah sekilas tentang mutiara. Dilihat dari perilaku konsumen terutama bagi para wanita, penampilan sepertinya sudah menjadi suatu hal yang utama. Untuk itu bisnis mutiara dirasa mempunyai peluang. Seperti yang sedang saya dan teman teman saya lakukan saat ini. Ada macam jenis dan keunikan yang ditawarkan dengan bahan mutiara. Ada cincin, gelang, kalung, bros. Mutiara ini berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), artinya merupakan asli buatan Indonesia. Banyak variasi harga yang ditawarkan mulai dari 80.000-250.000. Harga sesuai dengan proses yang harus dilakukan untuk menghasilkan mutiara cantik. Berikut adalah contoh contoh mutiara yang kami jual. 

 










Cantik cantik bukan? Jadi, menyukai mutiara sama dengan menghargai proses dan juga mencintai hasil karya dari Indonesia, selain itu juga dapt dijadikan hadiah tanda kasih untuk orang orang terdekat kita :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar