PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kebutuhan hidup saat ini dapat dikatakan
mengalami beberapa perubahan prioritas salah satunya adalah kebutuhan akan
perawatan dan kecantikan kulit terutama untuk para wanita. Perawatan kulit kini
menjadi salah satu prioritas bagi sebagian konsumen wanita. Salah satu perawatan kulit yang sering dilakukan adalah
perawatan wajah. Perawatan wajah adalah hal yang paling umum dilakukan para
wanita. Hal ini disebabkan karena wajah bisa dikatakan setral dari bagian tubuh
lain. Kemudahan dalam berbagai hal juga mempengaruhi perawatan wajah yang
sering dilakukan para wanita. Misalnya saja waktu yang dibutuhkan tidak terlalu
banyak, keanekaragaman jenis produk yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit
wajah, dan juga harga yang sesuai dengan kemampuan beli konsumen. Produk perawatan kulit mempunyai fungsi
utama yaitu membersihkan dan merawat. Selain manfaat tersebut, perawatan wajah menjadi prioritas karena baik
secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi
psikis misalnya saja dapat membangun kepercayaan diri dan sedikit menghilangkan stress.
Kepercayaan diri yang ditimbul karena penampilan yang segar, bersih dan menarik
akan menjadi suatu semangat untuk menjalani aktivitas. Terutama untuk konsumen
Indonesia yang harus merasakan cuaca dan kondisi jalanan yang tidak mendukung
dan akan menyebabkan adanya stres dan jenuh pada aktivitas.
Ketika seseorang
merasa memiliki kebutuhan maka ia akan memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam hal
ini bisa dikatakan melakukan pembelian. Ketika konsumen melakukan pembelian
suatu produk dan ternyata produk tersebut sesuai atau bahkan melampaui apa yang
diharapkannya maka akan terjadi pembelian ulang yang akan membentuk adanya
suatu loyalitas terhadap produk tersebut. Menurut Ali Hasan (2008:83) Loyalitas
pelanggan didefinisikan sebagai orang yang membeli, khususnya yang membeli
secara teratur dan berulang-ulang. Pelanggan merupakan seseorang yang terus
menerus dan berulang kali datang ke suatu tempat yang sama untuk memuaskan
keinginannya dengan memiliki suatu produk atau mendapatkan suatu jasa dan
membayar produk atau jasa tersebut. Kotler
dan Keller (2009:134) Menciptakan pelanggan yang loyal adalah inti dari setiap
bisnis.
Perusahaan kini harus lebih mengetahui
apa yang dibutuhkan para konsumen. Menurut Don Peppers dan Martha Rogers dalam Kotler
dan Keller (2009:134) Satu satunya nilai yang dapat diciptakan perusahaan Anda
adalah nilai yang berasal dari pelanggan itu adalah semua nilai yang Anda
miliki sekarang dan nilai yang akan Anda miliki di masa depan. Suatu bisnis
disebut sukses jika berhasil mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan
pelanggan. Pelanggan merupakan satu satunya alasan perusahaan membangun pabrik,
memperkerjakan karyawan, menjadwalkan rapat, membuat jalur serat optik, atau
melibatkan diri dalam aktivitas bisnis apapun. Tanpa pelanggan, Anda tidak
mempunyai bisnis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelanggan adalah kunci dari
keberhasilan usaha kita.
Menurut Kotler (2002), menjelaskan bahwa
dalam meningkatkan daya saing, suatu perusahaan dapat memenangkan persaingan
dengan cara menampilkan produk terbaik yang dapat memenuhi selera konsumen.
Saat ini makin banyak perusahaan yang menawarkan produk shampoo dengan berbagai
variasi dan keunggulan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan
konsumen. Salah satunya adalah PT. Unilever Indonesia, Tbk. Perusahaan ini
adalah perusahaan yang tidak asing lagi karena sebagian besar produk produknya
digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu produk yang banya diminati
adalah Pond’s. Puluhan tahun hadir dan terus melakukan inovasi dan menjaga
kualitas membuat Pond’s tetap
diperhitungkan konsumen sebagai produk yang selalu digunakan maupun salah satu
alternative produk pilihan.
Kualitas produk, citra merek dan kepuasan konsumen akan
dijadikan variabel untuk mengetahui apakah keempatnya mempengaruhi loyalitas
terhadap produk Pond’s. Citra merek adalah salah satu hal yang menjadi
pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk karena merupakan suatu
nilai apakah produk tersebut bagus atau tidak. Kepuasaan konsumen adalah hal
terpenting mengenai loyalitas pelanggan. Hal tersebut dikarenakan akan
mempengaruhi kesetiaan pelanggan terhadap produk tersebut. Atas latar belakang
tersebut maka akan dilakukan penelitian berjudul “ ANALISIS PENGARUH KUALITAS
PRODUK, CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITA KONSUMEN PADA
PRODUK POND’S ( Studi Kasus : Mahasiswi Universitas Gunadarma ) ”
1.2 Rumusan Masalah
Produk POND’S dari PT. Unilever Tbk merupakan salah satu
produk perawatan wajah yang banyak diminati para konsumen hingga saat ini. Dari
uraian variabel tersebut maka dapat dirumuskan masalah yaitu:
1.
Apakah kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan
produk Pond’s?
2.
Apakah citra merek mempengaruhi loyalitas pelanggan
produk Pond’s?
3.
Apakah kepuasan konsumen mempengaruhi loyalitas
pelanggan produk Pond’s?
1.3 Batasan Masalah
Mengingat ruang lingkup yang luas maka pada penelitian ini
terdapat batasan yakni:
1.
Dengan banyaknya merek produk POND’s maka
yang menjadi objek hanya POND’S Facial Foam dan
POND’S Pelembab
2.
Responden hanya mahasiswi Universitas Gunadarma Depok Fakultas Ekonomi dan Kebidanan
1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk menemukan, mengembangkan
atau menguji suatu teori atau pengetahuan. Maka dari itu, penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi yang nantinya akan berguna bagi
beberapa pihak ataupun masyarakat umum. Tujuan penelitian ini yaitu:
1.
Untuk mengetahui apakah kualitas produk mempengaruhi
loyalitas konsumen terhadap produk POND’S?
2.
Untuk mengetahui apakah citra merek mempengaruhi loyalitas konsumen
terhadap produk POND’S?
3.
Untuk mengetahui apakah kepuasaan konsumen mempengaruhi
loyalitas konsumen terhadap produk POND’S?
1.5. Manfaat Penulisan
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan:
1.5.1.
Manfaat Teoritis
Hasil dari penelitian kali
ini diharapkan dapat memberikan bahan yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu
pengetahuan terutama pada manajemen pemasaran terhadap loyalitas konsumen.
1.5.2.
Manfaat Praktis
a. Bagi konsumen
Hasil dari penelitian ini
diharapkan bisa memberikan pemahaman dan tambahan informasi terhadap konsumen
terutama mengenai loyalitas terhadap suatu produk atau jasa.
b. Bagi Perusahaan
Hasil dari penelitian ini
diharapkan dapat memberikan masukan dan bahan pertimbangan terhadap PT.
Unilever Tbk. selaku perusahaan yang meluncurkan produk POND’S agar dapat
mempertahankan produknya dengan meningkatkan apa yang menjadikan produknya
tetap diminati dengan selalu memperhatikan kebutuhan konsumennya.
1.6. Metode Penelitian
1.6.1 Objek Penelitian
Objek penelitian pada penelitian ini adalah produk POND’S yaitu pelembab dan facial foam
1.6.2 Data/Variabel
Variabel yang digunakan pada penelitian in adalah Harga,
Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Konsumen
untuk variabel (X) serta Loyalitas Konsumen untuk variabel (Y).
1.6.3. Metode Pengumpulan Data
Ada tiga metode yang
dilakukan dalam pengumpulan data yaitu :
1.
Observasi
2.
Kuesioner
3.
Wawancara
Dalam penelitian kali
ini adalah metode
yang akan digunakan denga kuesioner
1.6.4. Hipotesis
H1: Kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s secara
signifikan
H2: Citra Merek mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s secara
signifikan
H3: Kepuasan konsumen mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s
secara signifikan
1.6.5. Alat analisis yang digunakan
Pada
penelitian ini akan menggunakan SPSS sebagai software untuk menghitung sedangkan
alat analisis yang akan digunakan adalah sebagai berikut :
1.
Regresi Linier Berganda
2.
Uji Asumsi Klasik
a.
Uji Multikolinieritas
b.
Uji Autokolerasi
3.
Analisis Kolerasi Ganda (R)
4.
Analisis Koefisien Determinasi (R2)
5.
Uji Hipotesis
a.
Uji t
b.
Uji F
Tidak ada komentar:
Posting Komentar