Sabtu, 08 Juni 2013

Proposal



PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
    Kebutuhan hidup saat ini dapat dikatakan mengalami beberapa perubahan prioritas salah satunya adalah kebutuhan akan perawatan dan kecantikan kulit terutama untuk para wanita. Perawatan kulit kini menjadi salah satu prioritas bagi sebagian konsumen wanita. Salah satu perawatan kulit yang sering dilakukan adalah perawatan wajah. Perawatan wajah adalah hal yang paling umum dilakukan para wanita. Hal ini disebabkan karena wajah bisa dikatakan setral dari bagian tubuh lain. Kemudahan dalam berbagai hal juga mempengaruhi perawatan wajah yang sering dilakukan para wanita. Misalnya saja waktu yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, keanekaragaman jenis produk yang dapat disesuaikan dengan jenis kulit wajah, dan juga harga yang sesuai dengan kemampuan beli konsumen. Produk perawatan kulit mempunyai fungsi utama yaitu membersihkan dan merawat. Selain manfaat tersebut, perawatan wajah menjadi prioritas karena baik secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi psikis misalnya saja dapat membangun kepercayaan diri dan sedikit menghilangkan stress. Kepercayaan diri yang ditimbul karena penampilan yang segar, bersih dan menarik akan menjadi suatu semangat untuk menjalani aktivitas. Terutama untuk konsumen Indonesia yang harus merasakan cuaca dan kondisi jalanan yang tidak mendukung dan akan menyebabkan adanya stres dan jenuh pada aktivitas.
    Ketika seseorang merasa memiliki kebutuhan maka ia akan memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam hal ini bisa dikatakan melakukan pembelian. Ketika konsumen melakukan pembelian suatu produk dan ternyata produk tersebut sesuai atau bahkan melampaui apa yang diharapkannya maka akan terjadi pembelian ulang yang akan membentuk adanya suatu loyalitas terhadap produk tersebut. Menurut Ali Hasan (2008:83) Loyalitas pelanggan didefinisikan sebagai orang yang membeli, khususnya yang membeli secara teratur dan berulang-ulang. Pelanggan merupakan seseorang yang terus menerus dan berulang kali datang ke suatu tempat yang sama untuk memuaskan keinginannya dengan memiliki suatu produk atau mendapatkan suatu jasa dan membayar produk atau jasa tersebut. Kotler dan Keller (2009:134) Menciptakan pelanggan yang loyal adalah inti dari setiap bisnis.
Perusahaan kini harus lebih mengetahui apa yang dibutuhkan para konsumen. Menurut  Don Peppers dan Martha Rogers dalam Kotler dan Keller (2009:134) Satu satunya nilai yang dapat diciptakan perusahaan Anda adalah nilai yang berasal dari pelanggan itu adalah semua nilai yang Anda miliki sekarang dan nilai yang akan Anda miliki di masa depan. Suatu bisnis disebut sukses jika berhasil mendapatkan, mempertahankan, dan menumbuhkan pelanggan. Pelanggan merupakan satu satunya alasan perusahaan membangun pabrik, memperkerjakan karyawan, menjadwalkan rapat, membuat jalur serat optik, atau melibatkan diri dalam aktivitas bisnis apapun. Tanpa pelanggan, Anda tidak mempunyai bisnis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelanggan adalah kunci dari keberhasilan usaha kita.
Menurut Kotler (2002), menjelaskan bahwa dalam meningkatkan daya saing, suatu perusahaan dapat memenangkan persaingan dengan cara menampilkan produk terbaik yang dapat memenuhi selera konsumen. Saat ini makin banyak perusahaan yang menawarkan produk shampoo dengan berbagai variasi dan keunggulan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Salah satunya adalah PT. Unilever Indonesia, Tbk. Perusahaan ini adalah perusahaan yang tidak asing lagi karena sebagian besar produk produknya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu produk yang banya diminati adalah Pond’s. Puluhan tahun hadir dan terus melakukan inovasi dan menjaga kualitas  membuat Pond’s tetap diperhitungkan konsumen sebagai produk yang selalu digunakan maupun salah satu alternative produk pilihan.
Kualitas produk, citra merek dan kepuasan konsumen akan dijadikan variabel untuk mengetahui apakah keempatnya mempengaruhi loyalitas terhadap produk Pond’s. Citra merek adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk karena merupakan suatu nilai apakah produk tersebut bagus atau tidak. Kepuasaan konsumen adalah hal terpenting mengenai loyalitas pelanggan. Hal tersebut dikarenakan akan mempengaruhi kesetiaan pelanggan terhadap produk tersebut. Atas latar belakang tersebut maka akan dilakukan penelitian berjudul “ ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITA KONSUMEN PADA PRODUK POND’S ( Studi Kasus : Mahasiswi Universitas Gunadarma ) ”

1.2 Rumusan Masalah
Produk POND’S dari PT. Unilever Tbk merupakan salah satu produk perawatan wajah yang banyak diminati para konsumen hingga saat ini. Dari uraian variabel tersebut maka dapat dirumuskan masalah yaitu:
1.      Apakah kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s?
2.      Apakah citra merek mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s?
3.      Apakah kepuasan konsumen mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s?

1.3 Batasan Masalah
Mengingat ruang lingkup yang luas maka pada penelitian ini terdapat batasan yakni:
1.      Dengan banyaknya merek produk POND’s maka yang menjadi objek hanya POND’S Facial Foam dan POND’S Pelembab
2.      Responden hanya mahasiswi Universitas Gunadarma Depok Fakultas Ekonomi dan Kebidanan

1.4. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian adalah untuk menemukan, mengembangkan atau menguji suatu teori atau pengetahuan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan suatu informasi yang nantinya akan berguna bagi beberapa pihak ataupun masyarakat umum. Tujuan penelitian ini yaitu:

1.      Untuk mengetahui apakah kualitas produk mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk POND’S?
2.      Untuk mengetahui apakah citra merek mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk POND’S?
3.      Untuk mengetahui apakah kepuasaan konsumen mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap produk POND’S?

1.5. Manfaat Penulisan
    Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan:
1.5.1. Manfaat Teoritis
Hasil dari penelitian kali ini diharapkan dapat memberikan bahan yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama pada manajemen pemasaran terhadap loyalitas konsumen.
1.5.2. Manfaat Praktis
a. Bagi konsumen
Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa memberikan pemahaman dan tambahan informasi terhadap konsumen terutama mengenai loyalitas terhadap suatu produk atau jasa.
b. Bagi Perusahaan
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan bahan pertimbangan terhadap PT. Unilever Tbk. selaku perusahaan yang meluncurkan produk POND’S agar dapat mempertahankan produknya dengan meningkatkan apa yang menjadikan produknya tetap diminati dengan selalu memperhatikan kebutuhan konsumennya.


1.6.   Metode Penelitian
1.6.1 Objek Penelitian
Objek penelitian pada penelitian ini adalah produk POND’S yaitu pelembab dan facial foam

1.6.2 Data/Variabel
Variabel yang digunakan pada penelitian in adalah Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Kepuasan Konsumen untuk variabel (X) serta Loyalitas Konsumen untuk variabel (Y).

1.6.3. Metode Pengumpulan Data
Ada tiga metode yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu :
1.                  Observasi
2.                  Kuesioner
3.                  Wawancara
Dalam penelitian kali ini adalah metode yang akan digunakan denga kuesioner

1.6.4. Hipotesis
H1: Kualitas produk mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s secara signifikan
H2: Citra Merek mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s secara signifikan
H3: Kepuasan konsumen mempengaruhi loyalitas pelanggan produk Pond’s secara signifikan

1.6.5. Alat analisis yang digunakan
Pada penelitian ini akan menggunakan SPSS sebagai software untuk menghitung sedangkan alat analisis yang akan digunakan adalah sebagai berikut :
1.                     Regresi Linier Berganda
2.                     Uji Asumsi Klasik
a.       Uji Multikolinieritas
b.      Uji Autokolerasi
3.                  Analisis Kolerasi Ganda (R)
4.                  Analisis Koefisien Determinasi (R2)
5.                  Uji Hipotesis
a.       Uji t
b.      Uji F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar