Senin, 01 Oktober 2012

Pengaruh Keluarga dan Rumah Tangga terhadap Pembelian dan Konsumsi


Pengaruh Keluarga dan Rumah Tangga terhadap Pembelian dan Konsumsi

Kehidupan ekonomi tidak terlepas dari adanya suatu keluarga dan Rumah Tangga. Pengaruh keluarga dan Rumah Tangga dapat dikatakan sesuatu yang penting dan mempunyai peranan cukup besar dalam pembelian maupun konsumsi. Hal ini terkadang tidak kita sadari atau bahkan terlupakan.
Keluarga adalah kelompok sosial terkecil yang terdiri dari kepala keluarga serta anggota keluarga yang memiliki hubungan darah atau pertalian. Sedangkan Rumah Tangga mempunyai artian yang berbeda. Rumah Tangga adalah semua orang, baik yang berkerabat maupun yang tidak, yang menempati satu unit perumahan.
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa keluarga mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelian dan konsumsi. Pertama, dalam suatu pembelian adanya konsumen ganda yang membeli suatu produk dalam hal ini yang dimaksud adalah pasangan dalam keluarga. Kedua, adanya pengaruh dalam keluarga dalam mengkonsumsi dan juga membeli. Secara langsung maupun tidak langsung pengaruh keluarga memang berpengaruh. Keluarga dan Rumah Tangga banyak dijadikan target pasar oleh para produsen. Karena, mereka melihat adanya potensi yang besar terhadap pembelian dan konsumsi pada target pasar tersebut. Adanya hubungan dalam keluarga maupun rumah tangga membuat terbentuknya suatu celah adanya transaksi ekonomi. Kita dapat mengambil contoh suatu keluarga lebih memilih untuk membeli kendaraan pribadi yang dapat digunakan untuk sekeluarga agar terciptanya suatu kenyamanan dan kekeluargaan. Liburan keluarga juga dapat menimbulkan adanya pembelian dan konsumsi. Dapat juga dicontohkan pembelian dan konsumsi akan sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Semakin banyak anggota keluarga maka akan semakin banyak pula pembelian dan konsumsi mereka. Adanya keluarga juga dapat dijadikan suatu ide untuk berbisnis yang berhubungan dengan keluarga, misalnya saja saat ini banyak beredar baju baju yang menggambarkan keluarga seperti pada gambar berikut ini. 





Ada beberapa variabel struktural yang mempengaruhi pembelian rumah tangga atau keluarga yaitu
  • Usia Kepala Rumah Tangga atau Keluarga
  • Status Perkawinan
  • Kehadiran Anak
  • Status Pekerjaan
Pengaruh keluarga atau rumah tangga lebih kompleks jika dibandingkan dengan individu. Karena pihak pihak yang terlibat juga lebih dari satu orang. Maka diperlukan adanya sistem yang lebih efektif jika memang diperlukan adanya suatu penelitian.

Sumber:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar