Senin, 01 Oktober 2012

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografis

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografis
Pasar mempunyai arti yang luas tapi pasar biasa disebut sebagi tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi. Untuk memudahkan sistem pemasaran dapat kita dapat melakukan Segmentasi Pasar.
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi bagi pasar dari pasar yang bersifat heterogen menjadi pasara yang bersifat homogen (Swastha & Handoko (1997)). Sedangkan menurut Pride & Ferrel (1995) mengatakan bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.
Mengapa kita perlu melakukan segmentasi pasar (market segmentation) ?
Kita dapat mengetahui karakteristik dari suatu pasar secara lebih mendetail.
Program pemasaran dapat lebih diarahkan sesuai dengan perilaku dan kebutuhan pelanggan.

Kapasitas pasar dapat lebih sesuai dengan luas segmen yang terbentuk.
Dapat mengetahui sistem promosi apa yang sesuai dengan segmen pasar.
Dapat mengetahui potensi pasar.
Jika kita melakukan segmentasi pasar adakah kerugian yang akan didapat? Tentu ada, terutama dalam hal biaya karena kita akan membutuhkan dana yang lebih besar untuk melakukan penelitian, promosi dan sebagainya.
Langkah langkah segmentasi pasar yaitu:
  1. Identifikasi dasar dasar segmentasi pasar
  2. Mengembangkan profil setiap segmen
  3. Mengembangkan metode penilaian atas daya tarik segmen
  4. Memilih segmen yang akan dimasuki
  5. Merumuskan penempatan produk pada masing masing segmen yang dipilih sebagai sasaran.
  6. Mengembangkan bauran pemasaran bagi masing masing segmen yang dipilih sebagai sasaran.
Ada hal yang juga harus diperhatikan  yaitu Penempatan produk. Penempatan produk adalah  merancang atribut atribut fungsional dan non fungsional (fisik maupun persepsi) yang ditawarkan perusahaan sesuai dengan pandangan relatif konsumen dan berbeda terhadap produk pesaing. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar segmentasi pasar dapat efektif yaitu :
  • Dapat dijangkau (accessable)
    Ada beberapa hal yang menghambat pelayanan dalam suatu segmen misalnya saja masalah letak, transportasi, jarak dan sebagainya. Itulah yang perlu diperhatikan agar pelayanan dapat berjalan dengan baik.
  • Dapat diukur (measureable)
    Kriteria dasar pengukuran pasar perlu dinyatakan secara jelas dan nyata agar mudah mudah untuk dipahami jika adanya suatu perbedaan.
  • Memberikan keuntungan (profitable)
    Tidak semua segmen memberikan keuntungan hanya segmen segmen yang memberikan peluang untuk keuntungan rancangan tersebut bermanfaat.

Segmen Pasar dapat dibagi dalam beberapa kelompok:
  • Segmentasi berdasarkan Demografi
    Yaitu segmentasi yang didasarkan pada siapa sasaran dari produk berdasarkan jenis kelamin, umur, remaja ataukah dewasa, status perkawinan, pendapatan, pendidikan dan sebagainya.
  • Segmentasi berdasarkan Geografi
    Segmentasi yang didasarkan  atau dibedakan menurut batas wilayah, Negara, kondisi lingkungan, cuaca dan sebagainya.
  • Segmentasi berdasarkan Psikografis
    Segmentasi yang didasarkan pada sikap, motivasi, dan persepsi konsumen.
  • Segmentasi berdasarkan Kebiasaan
    Segmentasi yang didasarkan pada kebiasaan dari konsumen dalam membeli, mengkonsumsi dan sebagainya.
Analisis Demografi dapat dilihat misalnya ada kasus kita ingin menjual suatu produk maka kita harus menargetkan secara jeli dan cermat agar produk kita dapat diterima oleh masyarakat sehingga produk ini mempunyai umur yang panjang dan dapat menghasilkan keuntungan lebih banyak. Kita ambil contoh dari pria dan wanita cenderung wanita yang bersifat irasional karena terkadang mereka membeli sesuatu bukan karena faktor kebutuhan. Hal ini dapat digunakan dalam segmentasi pasar jika produk yang ingin kita pasarkan adalah sesuatu yang sebenarnya belum terlalu menjadi kebutuhan atau melakuan promo dengan discount kita dapat menargetkan sasaran kepada para wanita. Mengidentifikasi pasar secara demografi bisa dikatakan lebih mudah dari pada yang lain karena kita dapat langsung menentukan produk apa yang akan kita pasarkan selain itu juga keefektifan serta keefisienannya lebih terlihat dari pada segmen segmen yang lain
Sumber :
Dasar Pemasaran seri diktat Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar