Sabtu, 06 Oktober 2012

Sikap Motivasi dan Mawas Diri.

Sering kita dengar tentang motivasi dan juga mawas diri. Sebenarnya apa itu motivasi dan mawas diri? Menurut Cropley (1985) mendefinisikan motivasi sebagai tujuan yang ingin dicapai melalui perilaku tertentu. Menurut H. Hadari Nawawi (2003) pengetian dari motivasi adalah suatu keadaan yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan suatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar. Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu.
Setiap individu mempunyai motivasi dalam hidupnya. Mereka punya beragam alasan untuk mendapatkan sesuatu hal. Hidup memang harus dengan motivasi yang tinggi agar kita dapat mencapainya dengan semangat yang tinggi, sehingga saat kita terjatuh atau gagal kita dapat bangkit lagi. Jadi motivasi dapat dijadikan acuan kita untuk tidak pernah berputus asa dalam menggapai hal apapun. Di dalam motivasi terdiri dari adanya harapan, motif, serta mungkin intensif. Tiga hal tersebut dapat menjadi unsur yang membuat motivasi itu ada pada diri seseorang.
Mawas Diri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah melihat (memeriksa dan mengoreksi) diri sendiri secara jujur, instropeksi, agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Sedangkan Mawas Diri menurut Marbangun Hardjowirogo ialah meninjau ke dalam hati nurani kita guna mengetahui benar tidaknya suatu tindakan.
Mawas Diri harus ditanamkan sejak diri di dalam diri kita agar kelak kita tidak salah dalam melangkah, kita dapat mengetahui situasi dan kondisi yang ada dan kita dapat tahu hal apa yang harus kita lakukan. Lalu adakah hubungan antara sikap motivasi dan juga mawas diri? Saya fikir ada. Intinya harus ada keseimbangan antara Motivasi dan juga Mawas Diri. Jika kita terlalu termotivasi tanpa memikirkan hal yang baik atau buruk semua yang kita dapat juga terasa tanpa makna. Maka kita harus bisa lebih mengerti dan memahami arti kata dari motivasi dan mawas diri.

Sumber:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar