Pengaruh Situasi memiliki penafsiran
yang berbeda beda dari beberapa ahli.
Menurut wilkie pengaruh
situasional adalah kekuatan sesaat yg tidak berasal dari dalam diri seseorang
atau berasal dari produk atau merek yang di pasarkan , penelitian telah
menemukan bahwa faktor situasional mempengaruhi pilihan konsumen dengan
mengubah kemungkinan pemilihan berbagai alternative. Menurut Asseal adalah
kondisi sesaat yang muncul pada tempat dan waktu tertentu. Kemunculanya
terpisah dari diri produk maupun konsumen. Sedangkan menurut belik ,
mendifinisikan situasi sebagai semua faktor yang utama terhadap tempat dan
situasi yang tidak menurut pengetahuan seseorang ( intra individu ) dan
stimulasi ( alternative pilihan ) dan memiliki bukti dan pengaruh sistimatis
pada prilaku saat itu. Secara
umum pengaruh situasi adalah faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam
bertindak diluar pengaruh produk tersebut dan juga iklan.
Pengaruh
situasional pada konsumen berasal dari dalam diri mapun dari lingkungan dimana
konsumen berada pada saat melakukan aktifitas. Terdapat beberapa faktor faktor
yang mempengaruhi situasi konsumen diantaranya yaitu:
·
Melibatkan waktu dan tempat dalam
mana aktifitas konsumen terjadi ,
·
Mempengaruhi tindakan konsumen
sperti prilaku pembelian , dan
·
Tidak termasuk karakteristik
personal yang berlaku dalam jangka panjang.
Situasi konsumen relative merupakan kejadian jangka pendek dan harus dibedakan dengan lingkungan makro atau faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu lama .
Situasi konsumen relative merupakan kejadian jangka pendek dan harus dibedakan dengan lingkungan makro atau faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu lama .
Sesuai
dengan waktu kegunaannya, situasi konsumen terbagi menjadi tiga diantaranya
·
Situasi Pembelian
Merupakan
suatu kondisi atau suasana dimana konsumen sedang melakukan pembelian produk. Situasi
seperti ini akan mempengaruhi konsumen dalam bertindak atau memutuskan
pembelian. Contohnya : Pada saat setelah olahraga seorang konsumen membutuhkan
air untuk menambah stamina yang mulai turun akibat kehausan dan kelelahan saat
itu konsumen akan membeli air minum berapapun harganya karena ia sangat
membutuhkannya.
·
Situasi Komunikasi
Merupakan
suatu kondisi atau suasana dimana konsumen melakukan komunikasi dan mendapatkan
informasi, baik informasi secara langsung maupun tidak langsung. Situasi
seperti ini akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Contohnya :
Seorang ibu memperoleh informasi dari brosur mini market tentang adanya
potongan harga pada mini market tersebut, pada saat mendapatkan informasi
tersebutlah seorang ibu tersebut dapat memutuskan pembelian.
·
Situasi Pemakaian
Merupakan
suatu kondisi atau suasana yang dialami konsumen saat pemakaian produk. Situasi
tersebut dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Contohnya:
Mukena dipakai saat seorang wanita akan shalat, baju hangat digunakan saat cuaca
dingin.
Itulah
beberapa situasi yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian dan
konsumsi.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar