SUMBER DAYA KONSUMEN
Pengertian sumber daya
menurut kamus bahasa Indonesia adalah faktor produksi
terdiri atas tanah, tenaga kerja, dan modal yg dipakai dl kegiatan ekonomi
untuk menghasilkan barang jasa, serta mendistribusikannya; (2) bahan atau
keadaan yg dapat digunakan manusia untuk memenuhi keperluan hidupnya; (3)
segala sesuatu, baik yg berwujud maupun yg tidak berwujud, yg digunakan untuk
mencapai hasil, msl peralatan, sediaan, waktu, dan tenaga. . Sedangkan konsumen
adalah pelaku ekonomi yang menghabiskan nilai guna atau jasa dari suatu barang.
Sumber daya konsumen adalah kemampuan yang dimiliki konsumen dalam melakukan
kegiatan ekonomi. Sumber daya konsumen
terdiri menjadi beberapa bagian seperti :
Sumber Daya Konsumen Ekonomi (Uang)
Uang adalah alat transaksi yang sangat diperlukan oleh
konsumen untuk membeli produk. Keputusan Konsumen sehubungan dengan produk dan
merek sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi misalnya uang.
Tanpa uang konsumen tidak bisa membeli apapun. Pembelian sangat
dipengaruhi oleh pendapatan konsumen sama halnya dengan, harapan konsumen
mengenai pendapatan masa datang menjadi variabel penting dalam meramalkan
perilaku konsumen.
Sumber Daya Konsumen (Perhatian)
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumberdaya Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang
tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi
Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention). Perhatian terdiri
dari dua dimensi:
• Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
• Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan
pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif
dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan
selama pengolahan informasi.
Sumber Daya Konsumen (Waktu)
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami
perilaku konsumen. Karena, konsumen semakin mengalami kemiskinan akan waktu.
Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang
sangat pribadi yaitu waktu senggang. Produk yang diklasifikasikan menurut sifat
waktu konsumen disebut barang waktu (time goods).
• Barang yang Menggunakan
Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya.
Contoh: Berenang, sepak bola, badminton (waktu Senggang) Tidur, perawatan
tubuh, pulang pergi (waktu wajib).
• Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa
mereka. Contoh: Rice Cooker, Mesin Cuci, Handphone.
Sumber Daya Sementara
a. Barang yang Menggunakan Waktu
a. Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya. Contoh: Menonton TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang) Tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
b. Barang Penghemat Waktu
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food
1.3 Sumber Daya Kognitif
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya schemata—skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya— dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme.
PENGETAHUAN
Pengetahuan dalam hal ini adalah Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi mengenai berbagai
produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen yang mempengaruhi keputusan. Pengetahuan dalam kegiatan ekonomi terbagi
menjadi tiga bagian yaitu:
·
Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk
adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini
meliputi kategori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk,
harga produkdan kepercayaan mengenai produk.
Jenis Pengetahuan
Produk:
(1)
Pengetahuan tentang karakteristik atau atribut produk
(2)
Pengetahuan tentang manfaat produk
(3)
Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen
·
Pengetahuan Pembelian
Pengetahuan
pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko
dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Konsumen
cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja,
karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut.
Perilaku Membeli:
1.
Store Contact
Meliputi tindakan
mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
2.
Product Contact
Konsumen akan
mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
3.
Transaction
Konsumen akan
membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat
pembayaran lainnya.
·
Pengetahuai Pemakaian
Suatu produk akan
memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan atau
dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi
produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi
yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan
pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar